Cara Blogging yang Baik dan Benar

Cara Blogging yang Baik dan Benar
Cara Blogging yang Baik dan Benar sehingga Banyak Pengunjung.

Cara Blogging (ngeblog) yang baik dan benar itu butuh keseriusan dan skills. Keseriusan diawali dengan niat, dalam hal ini niat berbagi (sharing).

Umumnya orang ngeblog itu untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, atau tips.

Setiap orang punya pengalaman, pengetahuan, dan tips. Apa saja yang sekiranya menarik dan bermanfaat bagi orang lain.

BLOGGING itu dibagi dua bagian. Pertama, desain blog. Kedua, konten atau isi blog.

Desain blog sangat variatif. Banyak sekali template blog gatis, bagus-bagus, SEO Friendly, Fast Loading, Responsive. Kita tinggal download dan install.

Cara Blogging yang Benar (Heading/H2)

Sejatinya tidak ada cara benar atau salah dalam ngeblog. Blogging dianggap menyenangkan karena tidak bersifat serius.

Kita bisa selalu kembali dan mengedit apa yang kita tulis, dan biasanya postingan berumur lebih dari seminggu dengan cepat terlupakan.

Tapi memiliki blog bisa memberi banyak keuntungan. Anda bisa gunakan blog sebagai tempat untuk menyalurkan ide dan pemikiran. Ada juga orang yang melakukan blogging dengan tujuan berbagi perjalanan dan pelajaran hidup dengan orang lain.

Kenapa Harus Ngeblog (Subheading/H3)

Sebelum masuk ke tips blogging untuk blogger pemula, ada baiknya Anda tahu kenapa Anda perlu membangun blog.

  • Blogging dengan cepat menjadi cara komunikasi dan menyebarkan informasi dan berita paling populer. Ada banyak sekali blog online tapi jangan takut, Anda bisa membuat blog Anda menonjol dan terlihat.
  • Blogging jadi cara untuk mengekspresikan diri dan juga sarana untuk berbagi info dengan orang lain.
  • Anda menjadi penulis yang lebih baik.
  • Alasan yang paling menggiurkan adalah Anda bisa memperoleh uang dari blogging.
  • Dengan memiliki blog sendiri, Anda memiliki lebih banyak kontrol, kreativitas, dan fleksibilitas ketika dibandingkan dengan bentuk media sosial lainnya. 

Tips untuk Blogger Pemula

Tips berikut hanya berupa saran sebagai cetusan ringan untuk mendorong pemikiran Anda. Tidak ada benar atau salah di sini.

Tulis Apa yang Anda Sukai

Apa isi blog Anda? Tentang memasak? Pengasuhan anak? Kerajinan tangan? Apapun isinya, pastikan itu adalah yang Anda sukai.

Memelihara blog adalah sebuah kerja keras.

  • Jangan memulainya bila Anda tidak suka menulis beberapa hari dalam seminggu. 
  • Bila Anda tidak memiliki passion pada topik yang Anda pilih, tidak banyak yang bisa Anda tawarkan ke pembaca dan mereka akan segera pergi dari blog Anda.

Blog adalah tentang ide yang sesuai dengan Anda. Jadi coba pikirkan dimana passion Anda. Satu hal yang harus dihindari adalah terjebak di giveaway sebagai usaha untuk memperoleh pembaca. Ada beberapa blogger bagus yang menurun kualitasnya karena terobsesi mengadakan giveaway.

Memang menyenangkan sesekali menjadi host giveaway. Kecuali Anda memang berdedikasi untuk melakukannya, ini bukan cara utama yang membuat pembaca datang pada Anda.

Mereka datang karena konten Anda. Yang Anda mau adalah pembaca yang suka membaca apa yang Anda tulis, bukan pembaca yang sign up untuk masuk ke giveaway yang Anda adakan. Ini bukan cara membangun audiens yang tepat. Baca lebih lanjut artikel kami tentang menulis di sebuah blog.

Konten yang Bagus Jadi Kuncinya

Tulis konten yang Anda sendiri ingin membacanya. Anda memang tidak bisa membuat semua orang senang. Tapi lakukan usaha untuk menjadi lebih kreatif. Misalnya Anda membuat postingan tentang ide permainan yang baik untuk anak.

Orang membuka konten Anda dan permainan yang Anda sarankan ternyata sudah biasa. Sudah banyak yang membahasnya. Buat blog Anda menonjol dengan konten yang bagus, kreatif, membantu, dan menginspirasi.*

2 Comments

No Spammy Comment, Please!

  1. Tes komentar on Cara Blogging yang Baik dan Benar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tes Balas Komentar on Cara Blogging yang Baik dan Benar. Cara Blogging yang Baik dan Benar betul benar

      Delete

Post a Comment

No Spammy Comment, Please!

Post a Comment

Previous Post Next Post